Wah ada baju bagus, tas lucu, sepatu unik, assesoris menarik , bla bla bla ..Biasanya cewek - cewek kalau udah lihat yang seperti itu  langsung tergiur, bagaimana nggak ? :D Mode - mode yang semakin beraneka ragam seiring dengan kemajuan teknologi membuat mode - mode produk selalu diikuti dan ingin untuk dimiliki.
         Belum lagi bila ada pesta , hangout bareng temen - temen ,apalagi ini mendekati Tahun Baru, yang membuat kantong bengkak karena beli camilan , bensin, dan semacamnya (apalagi anak kos seperti saya hehe)
        Aku ada sedikit tips agar temen - temen dapat mengatur uang dengan sebaik mungkin, khususnya para cewek apalagi yang ngekos .. berikut :
1. Membuat daftar pengeluaran setiap bulannya
   Sediakan catatan / buku kecil untuk mencatat pengeluaran kamu. Dengan adanya catatan itu , secara tidak sadar keinginan kita untuk membeli barang - barang menjadi berkurang.
2. Menyisihkan uang belanja 
   Pengalaman nih kalau saya lagi belanja, biasanya uang yang saya gunakan saya masukkan amplop/ tempat tersendiri. Jadi benar - benar belanja sesuai kebutuhan , bukan menuruti keinginan . Saat melewati barang - barang yang menarik, ada pengingat di diri kita untuk tidak membelinya.
3. Membawa bekal
   Tanpa terasa sering makan diluar membuat kantong menipis. Untuk itu buat target saja makan diluar 1x seminggu, dan sebagai gantinya membeli lauk diluar tapi nasinya masak sendiri. Atau bisa juga dengan membawa bekal dari rumah.
4. Mentaati bujet yang ada
 Bujet yang ada tiap bulan HARUS diatur dengan baik dan cukup agar tidak defisit. Bayangka bila di tengah - tengah bulan uang saku habis dan gak ada uang tabungan ???!! :O
5. Utamakan kebutuhan
   Belanjalah seperlunya dan bila menginginkan sesuatu hendaknya sering menabung walau sedikit demi sedikit. Barang yang kita inginkan tidak harus ada saat itu juga kan ?? Bila uang sudah terkumpul barulah kita membelinya. Intinya banyak - banyak sabar dan tahan godaan :D
6. Kurangi hangout 
   Diakui memang hangout merupakan hal terbesar untuk menghabiskan uang. Bagaimana nggak ? nglirik itu beli, nglirik ini beli hohoho bisa bangkrut tuh kantong. Untuk itu , hangout boleh bila memang untuk menyegarkan pikiran agar tidak stress dan diberi target 2 sampai 3 kali sebulan. 
7. Minta pasangan atau teman untuk mengawasi
   Pacar dan teman adalah orang terdekat setelah orangtua. Untuk itu, ketika pergi belanja hendaklah meminta pacarmu atau teman mu untuk mengontrolmu agar tidak kelewatan berbelanja yang berlebihan dan tidak bermanfaat.

    Sekedar share pengalaman aja , thanks :) 



         

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran yg membangun sangat diharapkan agar saya bisa terus berkembang dalam mengurus BLOG ini ^^,