Anda mungkin pergi menonton The Social Network  dengan gagasan bahwa Anda akan mendapatkan pandangan mengenai kisah sukses CEO Facebook Mark Zuckerberg. Namun Anda mungkin akan meninggalkan rasa kasihan padanya setelah melihat kisah seorang anak muda yang brilian dan kaya, tetapi secara moral dan sosial bangkrut.



Bahkan, begitu sedikit sesuatu di film yang mungkin berhubungan dengan Zuckerberg yang mana pada pertengahan film Anda mulai merasa seperti Anda sedang menonton The Elephant Man. Film ini menyakitkan sekaligus menarik — seperti menonton kecelakaan kereta api, kecuali bahwa hampir semua orang di cerita ini berakhir menjadi kaya.

Naskah film oleh Aaron Sorkin, ditulis pada saat bersamaan dengan bukunya oleh Ben Mezrich dan penuh dengan dialog yang sangat padat dan bergerak cepat. Pada saat-saat tertentu, penulisan maupun penyampaian dialog bisa menampilkan gurauan dan kelucuan.



Film ini dimulai dengan adegan pembukaan dengan kecepatan sangat tinggi (secara verbal), dan keseluruhan dari film adalah pertempuran untuk mengikuti apa Zuckerberg lakukan. Setelah diputus oleh kekasihnya, ia menghabiskan malam sambil mabuk memosting foto-foto teman kampusnya di Harvard, yang mencuri perhatian si kembar Winklevoss, Kyle dan Cameron, (Armie Hammer) dan teman mereka Divya Narendra (Max Minghella). Winklevoss bersaudara dan Narendra mengira Zuckerberg memiliki keahlian untuk memrogram konsep mereka bagi proyek Facebook. Mereka memunculkan gagasan, ia setuju untuk bekerja dengan mereka, dan kurang dari dua bulan kemudian lahirlah Facebook. Namun yang terjadi adalah Zuckerberg mengeluarkan si kembar dan teman mereka dalam proyek besar ini.



Daftar selanjutnya dalam film adalah sahabat terbaik Zuckerberg, Eduardo Saverin (diperankan Andrew Garfield). Di tengah hujaman komentar pedas yang sinis dan samar-samar, Zuckerberg meyakinkan temannya untuk menanam investasi ribuan dollar sebagai uang muka dan menjadikannya CFO perusahaan. Saverin sudah ditakdirkan sejak awal — kemungkinan karena Zuckerberg yang pencemburu berat dan pendendam — dan pada keseluruhan film ia berusaha mengejar ketinggalan. Keseluruhan cerita sebagian besar berputar di beberapa karakter ini, yang ditulis dengan sempurna dan didukung pemain berpengalaman. Sean Parker (Justin Timberlake) menunjukkan bakat aktingnya yang luar biasa, dengan tingkah lakunya yang menyeramkan dan entah bagaimana sangat mencurigakan serta masa lalu yang mengikutinya ke mana-mana. Anda tidak pernah yakin apa yang disembunyikan di balik lengan bajunya, apa yang berusaha ia gunakan, atau siapa yang akan ditusuknya dari belakang.

Disutradarai oleh David Fincher, The Social Network menangkap hampir setiap adegan dengan aksi, ketegangan, dan drama — terpisah dari beberapa adegan serampangan dengan implikasi seksual yang tak ada hubungannya dengan cerita. Tapi naskah Sorkin, arahan Fincher, dan akting yang sangat memukau, membawa Anda sepenuhnya hanyut sehingga Anda mengalami keadaan realitas yang menggantung dalam film berdurasi dua jam ini. Namun apa yang membuat Anda terkejut adalah mengetahui bahwa naskah Sorkin ini didasarkan pada penelitian rinci (minus akses ke Zuckerberg) dan mencakup kesaksian dari dua tuntutan yang akhirnya diajukan terhadap sang miliarder muda oleh mantan teman terbaiknya dan si kembar Winklevoss. Adegan audiensi deposisi dari kedua tuntutan hukum yang dijalin sepanjang film, menambah suasana ketegangan, dan mendramatisir kebutuhan dan keinginan karakter utama.

Apa yang berhasil dicapai Sorkin dan Fincher dengan The Social Network  adalah bukan sekedar sebuah film yang dijamin sangat mengganggu Anda pada level tertentu — apakah Anda suka atau tidak. Kisah ini menimbulkan banyak sekali pertanyaan yang sudah sejak dulu mencuat, yaitu mengenai keserakahan dan loyalitas. Apa yang dirasa kurang adalah bahwa film ini terkesan mendramatisir kisah nyata menurut sudut pandang yang berbeda, namun bukan keseluruhan cerita. Ia menggambarkan Zuckerberg sebagai seorang pemuda yang tidak setia, seorang pendendam yang, seperti begitu banyak generasi muda seusia dia, tampaknya telah kehilangan moral. Terlepas apakah film ini akan menimbulkan kontroversi, namun kisah mengenai Zuckerberg dan taktiknya untuk menjadi miliarder termuda di dunia masih perlu disimak.

0 komentar:

Posting Komentar

Kritik dan Saran yg membangun sangat diharapkan agar saya bisa terus berkembang dalam mengurus BLOG ini ^^,